Dampak Pemanasan Global Bagi Dunia

Diposting oleh Safe Our Live On 19.56

Beberapa polutan yang memberikan kontribusi yang sama terhadap lapisan ozon dan pemansan global. Penipisan lapisan ozon ini mengakibatkan masuknya lebih banyak radiasi sinar ultraviolet ( UV ) yang berbahaya masuk ke permukaan bumi. Meningkatnya radiasi sinar ultraviolet menyebabkan kanker kulit, penyakit katarak menurunkan kekebalan tubuh manusia dan menurunkan hasil panen. Penipisan lapisan ozon terutama disebabkan oleh cholorofo carbon (CFC ).

Seperti halnya carbondioksida CFC yang merupakan gas rumah kaca mempunyai potensi yang lebih tingi terhadap pemanasan global dibandingkan gas carbondioksida sehingga dampak akumulasi CFC di atmosfer mempercepat laju pemanasan global. Dampak yang diterima alam adalah naiknya permukaan air laut karena perubahan iklim seperti curah hujan yang tidak teratur.Menurut sebuah artikel bahwa temperature atmosfer pada tahun 2100 akan meningkat dari 1,5 derajat menjadi 4,5 derajat celcius yang mengakibatkan laut akan naik 15-95 cm. Dampak pemanasan global dari segi ekonomi secara otomatis pastilah ada seperti, karena bencana banjir banyak rumah-rumah penduduk yang tenggelam, harta-harta yang mereka miliki lenyap terbawa arus banjir atau harta mereka telah habis untuk pendanaan rumah-rumah mereka yang roboh ataupun untuk renovasi rumah setelah bencana tersebut usai. Lebih parah lagi ketika bencana ini menghilangkan lapangan pekerjaan rakyat maka jumlah pengangguranpun juga bertambah.


Selain itu, dari bidang kesehatan pemanasan global juga menyebabkan kerugian yang banyak. Berdasarkan data organisasi kesehatan dunia (WHO) sepanjang 1976-2008, tercatat 30 penyakit baru muncul akibat perubahan iklim dan pemanasan global. Penyakit yang kelihatan banyak muncul yaitu demam berdarah, kolera, diare, disusul virus ebola yang sangat mematikan. Penyakit yang muncul ini kata mentri lingkungan hidup, Amanda Katil Niode karena temperatur suhu panas bumi yang terus meningkat.


0 komentar

Posting Komentar